Masalah pendidikan di Indonesia sangat kompleks, mulai dari sisi ekonomi sampai budaya ikut mempengaruhi permasalahan pendidikan di Indonesia. Saya coba mengumpulkan salah satu penyakit pada pendidikan di Indonesia, tentunya terkait dengan Pendidik dan peserta didik.
Catatan : Saya juga pernah terjangkit “penyakit” dibawah ini
Beberapa penyakit yang menghinggapi Mahasiswa :
1. Malas
Ini penyakit paling kronis yang menjangkiti Mahasiswa, penyakit ini menghinggap terutama menjelang akhir masa studi. Malas untuk mereview mata kuliah yang sudah dipelajarinya, Malas untuk berdiskusi dengan dosen terkait, Malas untuk mencari bahan-bahan terkait dengan mata kuliah di Internet. 3-4 tahun terlewati tanpa disadari Mahasiswa harus dihadapkan untuk menyusun Tugas Akhir/Skripsi, panik ? tentu saja !
Tips : Sering-seringlah mengakses sumber-sumber ilmu dari Internet karena sebagian besar ilmu ada disana. Jangan sungkan untuk berdiskusi dengan dosen baik bertemu secara langsung maupun via email.
2. Less Motivation
Banyak kegiatan-kegiatan positif yang dapat diikuti oleh Mahasiswa diluar kegiatan hariannya (kuliah-kost/rumah PP), klub-klub studi bisa jadi salah satu alternatif penyaluran minat (Misal : Kelompok Studi Linux, Microsoft User Group Indonesia, PC Club, Java User Group Indonesia, Klub Animasi, dll). Banyak Mahasiswa yang menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk ngobrol ngalor-ngidul atau keluar malam tanpa tujuan yang jelas.
Motivasi yang kurang untuk memperbaiki diri, Motivasi yang kurang untuk meningkatkan skill, Motivasi yang kurang untuk bersosialisasi dengan pihak-pihak diluar kampus.
Tips : Bergabunglah dengan kelompok studi atau Organisasi lain yang dapat mengembangkan diri anda dan membuat anda menjadi lebih baik.
3. Membebek
Ada pendapat yang mengemukakan seperti ini :
Anda adalah cerminan dengan siapa anda berteman
Mencari teman yang sanggup untuk dapat memotivasi anda menjadi lebih baik tentunya sulit, memilih teman yang mau sama-sama maju juga tidak kalah sulitnya. Mencari teman untuk bermain mungkin gampang, mencari teman untuk nakal lebih gampang. Kebiasaan dan perilaku Mahasiswa kurang lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungan, lingkungan terdekat selain Keluarga tentunya teman. Tentunya anda tidak mau dicap kurang gaul atau introvert jika tidak mengikuti gaya teman anda.
Tips : Pilihlah teman secara cermat !
4. Sistem Kebut Semalam (SKS)
Jika bisa ditunda kenapa harus sekarang dikerjakan ?
Nah, ini kalimat yang pas untuk mewakili penyakit SKS yang menjangkiti Mahasiswa. Tugas yang sudah jauh-jauh hari diingatkan oleh dosen untuk dikerjakan baru dikerjakan di hari H deadline tugas dikumpulkan. Mencari tema Tugas Akhir/Skripsi juga kurang lebih seperti itu, kenapa tidak dipikirkan sejak masih semester 2 ?